21 June 2016

Perbandingan Oppo F1 vs Xiaomi Redmi Note3 (review)



trikkacang Redmin note 3 vs oppo F1
Oppo F1 VS XiaomI Redmi Note3
PERBANDINGA
XIAOMI REDMI NOTE 3
OPPO F1
Tampilan
5.5 inch Full HD Screen, 403 ppi pixel
IPS LCD display
1920 x 1080 pixels
Density
5 inch HD Screen
with Corning Gorilla Glass 4
IPS 2.5D curved display protected
720 x 1280 pixels
Prosesor
Mediatek MT6753 Hello X10 Octa core
Hexa Core Qualcomm Snapdragon 650  
Snapdragon 616 Octa Core Qualcomm
RAM
3GB/2GB
3 GB
Baterai
Baterai Li-ion 4000 mAh
Baterai Li-ion 2500 mAh
Penyimpanan
16/32 GB
16 GB
Kamera
Belakang 13 MP
Depan 5 MP
Belakang 13 MP
Depan 8 MP
Sistem Android
OS Android v5.1 Lollipop MIUI 7
OS Android v5.1 Lollipop Color OS 2.1
Ukuran
Dimensi : 150 x 76 x 8.7 mm 164 gram
143.5 x 71 x 7.3 mm 134 gram
Koneksi
WiFi 802.11 b/g/n,
Dual-Band
Wi-Fi Direct
Hotspot
GPS – A GPS Support
Bluetooth v 4.1 A2DP
Radio FM Radio with RDS
Micro USB v2.0
USB OTG
WiFi 802.11 b/g/n,
Dual Band
WiFi Direct
Hotspot
GPS – A GPS Support
Bluetooth v 4.0 A2DP
Radio FM Radio with RDS
Micro USB v2.0
USB OTG

Review Oppo F1 dan Xiamoi Redmi Note3 - Dari data di atas, saya akan coba memberikan pendapat saya tentang kedua produk dengan brand yang berbeda ini. Postingan ini mungkin akan bisa memberikan refrensi kepada anda yang bingung akan membeli smartphone cangih yang mana.

Jika di lihat dari data diatas secara sekilas, cukup membuktikan bahwa kedua produk ini cukup ampun dan canggih, tetapi data diatas belum menunjukan secangihkah seperti data diatas atau hanya sekedar data yang bisa dirubah. Seampuh apakah sebenarnya kedua produk ini ? atau istilahnya adalah spesifikasi dan kemampuan real dari kedua smartphone ini. Terus lebih hebat Oppo F1 apa Xiaomi Redmi Note3. Untuk lebih jelasnya lihat dan baca sampai habis artikel berikut ini.


Oppo F1 vs Xiamoi Redmi Note3


1. Body
Kedua smartphone ini sama-sama sudah dibekali dengan bahan logam atau metal, jadi untuk body sama dengan yang dipakai oleh iphone dan kemungkinan keduanya terinspirasi dari iphone. Bahan metal akan membuat tampilan luar akan lebih elegan lagi dan wow tentunya. Tetapi jangan kaget kao sekilas bodynya mungkin mirip dengan iphone, kan emang terinspirasi .

Tetapi untuk Redmi Note 3 ada tambahan lengkungan pada bagian pinggir body belakang. Ini akan mempermudah kita dalam memegang smartphone ini. Namun jika dilihat dari aspek kemewaha Oppo F1 menurut kami yang paling unggul dalam sisi ini.

Selain itu juga ukuran dimensi yang berbeda, lebih besar punyanya xiaomi redmi note 3 dibandingkan oppo f1 dan beratnya juga pun juga berbeda, lebih berat xiaomi Rn3 dengan berat 164 gram sedangkan oppo f1 hanya 134 gram.

2. Desain
Untuk masalah desain, lebih baik kami serahkan kepada para menbaca, karena desain lebih berkaitan dengan selera, dan setiap selera orang itu berbeda-beda satu sama lainya. Berikan skor untuk desain, anda bisa melihatnya pada gambar dibawah ini.

NB : yang atas adalah gambar dari oppo sedangkan yang bawah xiaomi

3. Layar
Untuk segi layar, kedua produk ini menggandalkan teknologi yang berbeda, namun menurut saya sama-sama bagusnya kok. Apa saja yang berbeda ? mulai dari ukuran sampai resolusinya.

Untuk Xiaomi Redmi Note3 ukuranya lebih unggul dengan layar full HD 5.5" inchi dengan 403 ppi pixel density, serta resolusi layar yang cukup besar yaitu 1920 X 1080 pixel. Teknologi ini memungkinkan menampilakan gambar yang sanggatlah jenih dan halus, jadi yang suka bermain game maupun nonton film akan lancar dan tidak membuat mata cepat lelah

Sedangkan Oppo F1 mempunyai ukuran layar yang lebih kecil dari xiaomi redmi note3, dengan ukuran layar 5" inchi atau terpaut 0.5 dari xiaomi, dan teknologinya juga belum full HD, jadi hanya HD dan beresolusi 720 X 1280 pixel. Tetapi jangan khawatir, karena oppo f1 silengkapi dengan teknologi IPS 2.5D curved display yang akan menjadikan layar oppo f1 terlihat melengkung, dan juga dilindungi denga layar perlindung Corning Gorilla Glass 4, jadi tidak perlu tambahan antigores lagi.

Dari kedua tipe dan teknologi layar diatas, Redmi note3 libih unggul, dari segi resolusi full hd dan ukuran, namun oppo jauh lebih kuat karena sudah dilapisi dengan gorila glass.

4. Processor dan Memory
Di bagian processor ternyata juga berbeda, untuk menggetahui lebih jauhnya berikut saya berikan ulasanya: 

Redmi note 3 memiliki 2 model, yang pertama adalah dengan processor Qualcomm Snapdragon 650 hexa core dan tipe Mediatek MT6753 Helio X10 octa core, untuk perfoma bisa dibilang hampir sama, tetapi jika ingin mengetahui lebih jelas tentang kedua processor ini, nanti akan saya bagikan ulasanya. Ukuran memory Ram juga berbeda untuk redmi note3, ada yang 2GB dan juga ada yang 3GB, utuk performa jelas lebih bagu yang 3GB, karena mempu menyimpan proses lebih besar untuk internal memorinya sama 32 GB.

Sedangkan oppo f1 menggusung processor Octa Core Qualcomm Snpadragon 616, dari sini lagi lagi kedua produk ini juga berbeda, untuk memory Ram oppo f1 sudah dilengkapu dengan kapasitas Ram 3GB dan internal 16GB, sudah berbeda lagi hehehe.

Jika dari segi processor dan tempat penyimpanan , maka redmi note 3 jelas lebih unggul lagi. tambah bingung milih yang mana hehehe.

5. System Operasi
Kedua pabrikan ini untuk masalah sistem mengandalkan system meraka sendir yang tentunya di kebangkan dari system android, jika Xiaomi sanggat PD dengan MIUInya maka OPPO juga lebih PD lagi dengan Color OSnya, Terus mana yang lebih baik ?

Redmi note 3 menggunakan MIUI versi 7 yang berbasis android 5.1 atau lolipop, dengan spesifikasi diatas, untuk performa sistem pasti memuaskan, terlebih untuk multitasking dan bermain game. Sedangkan OPPO F1 menggunakan Color Os v 2.2 dengan basis android yang sama dengan xiaomi, performanya pun bisa diandalkan.

Kesimpulan untuk masalah sistem yang dipakai, hasilnnya memuaskan, kedua produk mengandalkan sistem andalan meraka masing masing yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sebenarnya untuk masalah ini kembali lagi ke selera pembaca.

6. kamera
Ini yang tidak boleh dilewatkan. Kamera adalah salah satu komponen yang wajib hadir dismartphone, karena kamera juga akan menentukan pilihan untuk pembeli. Untuk kamera kedua produk smartphone ini juga berbeda, apa saja perbedaanya, mari kita bandingkan.

Dari tadi kita membahas redmi note 3 terlebih dahulu (bosen), jadi kita lihat punyanya oppo f1 bagaimana. Dari segi kamera Oppo F1 dilengkapi dengan kamera utama 13MP dan kamera depan 8MP. seperti yang kita lihat di iklan tv bahwa oppo  mempunyai slogan selfie expert, jadi untuk yang suka selfie bisa mempertimbangkan oppo f1, yang bisa membuat foto selfie kamu memuaskan.



Sedangkan Redmi Note3 dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP dan kamera depan hanya 5MP, untuk hasil kamera depan bila berada di cahaya cukup , maka hasilnya akan memuaskan , sedangkan bila di tempat agak gelap maka akan ada efek nois atau bintik bintik dan ini wajar kok.


Kesimpulan daya dari segi kamera Oppo lebih unggul , lihat hambar diatas, hasil jepretan kamera oppo indoor idak kalah dari hasil jepretan kamera remdi note 3 outdoor.

7. Batrei
Untuk batrei xiaomi redmi note 3 lagi-lagi lebih unggul dengan kapasitas 4000 mAh yang tergolong besar untuk ukuran smartphone saat ini, dengan batrei yang besar dipastikan redmi note3 akan lebih lama dalam hal daya. Sedangkan oppo f1 lebih kecil hampi separuh dari redmi note3 dengan kapasitas batrei 2500 mAh, untuk dipakai sehari-hari tanpa bermain game akan cukup untuk pemakain satu hari, hebatnya kedua produk ini sudah dibekali dengan fast charging, memungkinkan waktu mengisi daya lebih cepat.

Artikel diatas merupakan ulasan kami tentang perbedaan Redmi Note 3 dan Oppo F1, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam meilih kedua produk diatas 

Artikel Terkait

Link aktif akan dihapus
EmoticonEmoticon